Bab III Pelaksanaan Akademik

BAB III

PELAKSANAAN AKADEMIK

1. Tujuan

Agar pembelajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unlam berkualitas dan mahasiswa dapat menyerap/memperoleh materi pembelajaran sesuai dengan kampetensi yang diprogramkan setiap mata kuliah.

2. Dasar Penetapan

  1. Katalog Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2006/2007
  2. Peraturan Akademik FKIP Unlam 2006

3. Penanggung Jawab

  1. Ketua Program Studi
  2. Koordinator Mata Kuliah

4. Tujuan Pembelajaran

Pembelajaran bertujuan untuk menjadikan mahasiswa mempunyai kemampuan kompetensi tertentu sesuai materi yang dibelajarkan melalui kegiatan perkulihan atau praktikum dengan berbagai strategi/metoda pembelajaran dan diikuti dengan proses evaluasi.

5. Pengertian Pembelajaran Berkualitas

Pembelajaran berkualitas adalah pembelajaran yang terencana, sistematik, sesuai dengan kurikulum dan kompetensi yang diharapkan tiap-tiap mata kuliah. Dengan demikian dalam pembelajaran harus terdapat:

  1. Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
  2. Kontrak Perkuliahan
  3. Penerapan strategi dan metode sesuai dengan karakter materi kuliah dan tujuan pembelajaran.
  4. Dilaksanakan evaluasi pembelajaran minimal terdiri dari ujian tengah semester, ujian akhir semester.

6. Pelaksanaan Pembelajaran

  1. Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan dengan SKS mata kuliah
  2. Mata kuliah dengan 2 (dua) SKS (2/0) dilaksanakan 1 (satu) kali pertemuan (2 x 50 min) per minggu maksimal selama 16 kali tatap muka dalam 1 (satu) semester sudah termasuk waktu untuk evaluasi.
  3. Mata kuliah dengan 3 (tiga) sks (3/0) dilakukan 1 kali pertemuan (3 x 50 min) per minggu maksimal selama 16 kali tatap muka dalam 1 (satu) semester sudah termasuk waktu untuk evaluasi.
  4. Mata kuliah dengan 4 (empat) SKS (4/0) dilakukan 2 kali pertemuan (2 x 2 x 50 min) per minggu maksimal selama 32 kali tatap dalam 1 (satu) semester sudah termasuk waktu untuk evaluasi.
  5. Bila jumlah tatap muka belum mencapai ketentuan-ketentua di atas, maka dosen yang besangkutan berkewajiban memenuhi jumlah tatap muka, yakni minimal 12 kali untuk mata kuliah dengan 2 (dua) atau 3 (tiga) SKS, dan 24 kali untuk mata kuliah dengan 4 (empat) SKS.
  6. Pelaksanaan Pembelajaran harus diawali dengan penjelasan Kontrak Perkuliahan dan disepakati bersama antara dosen dengan mahasiswa.
  7. Pelaksanaan pembelajaran dimonitor oleh Program Studi setiap 4 minggu baik untuk dosen maupun mahasiswa jumlah kehadiran minimum disesuaikan dengan peraturan akademik
  8. Pelaksanaan pembelajaran (kesesuaian materi pembelajaran dengan rencana pembelajaran) dimonitor oleh Ketua Program Studi melalui jurnal pengajaran setiap kali pertemuan.

7. Evaluasi Pembelajaran

  1. Evaluasi pembelajaran dilakukan minimal 3 (tiga) macam yakni ujian tengah semester, ujian akhir semester dan tugas terstruktur.
  2. Aturan pelaksanaan evaluasi pembelajaran diatur selengkapnya diatur dalam Bab IV dan Bab V

8. Perubahan Pembelajaran

  1. Perubahan rencana pembelajaran dapat dilakukan melalui raaat bidang/ antar bidang.
  2. Perubahan pelaksanaan pembelajaran dari Rencana Pembelajaran harus dikoordinasikan dalam rapat bidang dan disetujui oleh anggota rapat.

9. Program Alih Tahun (PAT)

  1. Program alih tahun adalah program semester pendek dengan tujuan untuk mempercepat kelulusan mahasiswa yang berprestasi tinggi, membantu mahasiswa yang masa studinya hampis habis dan meninykatkan Indeks Prestasi Kumulatif.
  2. PAT diselenggarakan sesudah semester genap dan sebelum semester ganjil dengan jumlah kuliah maksimal 16 kali per mata kuliah tanpa pekan teduh dan diberikan dua kali atau tiga kali dalam seminggu.
  3. Jumlah dan jenis mata kuliah yang ditawarkan ditentukan oleh fakultas.
  4. Persyaratan bagi mahasiswa yang akan PAT:

1)      Akhir semester genap tahun berjalan telah memperoleh minimal 75 sks dengan IPK > 2 atau akhir semester ganjil tahun berjalan memperoleh minimal 60 sks dengan IPK > 2.

2)      Mata kuliah yang diambil maksimal 9 (delapan) SKS.

3)      Biaya penyelenggaraan dan ketentuan administrasi lainnya berhubungan dengan PAT diatur secara khusus oleh Universitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: