BAB I TATA TERTIB PERKULIAHAN

BAB I

TATA TERTIB PERKULIAHAN

DI LINGKUNGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

FKIP UNLAM BANJARMASIN

UMUM

  1. Kegiatan perkuliahan terdiri atas kegiatan kuliah dan kegiatan praktikum (untuk sejumlah mata kuliah) serta praktik pengalaman lapangan.
  2. Satu tahun akademik penyelenggaraan perkuliahan dibagi menjadi dua semester, yaitu semester ganjil dan semester genap yang diatur dalam kalender akademik yang ditetapkan oleh Rektor.
  3. Selama kuliah atau praktikum berlangsung, dosen/asisten dan mahasiswa tidak diperkenankan merokok dan atau mengganggu kelancaran perkuliahan.
  4. Dosen/asisten dan mahasiswa dilarang mengaktifkan telepone genggam (HP) selama perkuliahan berlangsung
  5. Tempat dan waktu perkuliahan diatur dengan jadwal perkuliahan yang ditetapkan oleh program studi berkoordinasi dengan fakultas.
  6. Waktu perkuliahan dimulai pukul 07.30 sampai pukul 18.30.
  7. Peserta perkuliahan dianggap sah apabila tercantum dalam daftar peserta perkuliahan yang diterbitkan oleh fakultas.
  8. Ketentuan poin 7 tidak berlaku apabila mahasiswa dapat menunjukkan KRS.

PROGRAM STUDI

  1. Program Studi menyusun jadwal kuliah berkoordinasi dengan Subbag Akademik.
  2. Dalam penyusunan jadwal kuliah tersebut, program studi mengupayakan agar perkuliahan Reguler A dan Reguler B dapat berjalan lancar.
  3. Program Studi menyiapkan Daftar Hadir Mengajar untuk Reguler A dan Reguler B
  4. Program Studi merekapitulasi kehadiran dosen mengajar setiap akhir bulan.
  5. Program Studi melaporkan hasil rekapitulasi kepada Fakultas, dengan tembusan disampaikan kepada Bendahara Program Studi.

DOSEN

  1. Dosen mengutamakan tugas mengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di atas kegiatan di luar program studi.
  2. Dosen yang memberikan kuliah menandatangani daftar hadir (baik Reguler A maupun B)
  3. Dosen memberikan kuliah dan mengakhirinya sesuai waktu yang dijadwalkan.
  4. Dosen yang berhalangan hadir untuk memberikan kuliah memberitahukan kepada Ketua Program Studi dan Ketua kelas, dan menyatakan akan menggantinya atas dasar kesepakatan antara dosen dan mahasiswa.
  5. Bila dosen meninggalkan tugas mengajar untuk keperluan penelitian, pengabdian masyarakat, atau menjadi nara sumber/instruktur di lembaga lain, yang bersangkutan hendaknya meminta izin tertulis kepada Dekan, dengan tembusan kepada Kaprodi/Kajur.
  6. Dosen memberi peringatan kepada mahasiswa yang menggangu perkuliahan dan berhak mengeluarkan mahasiswa yang bersangkutan dari ruang perkuliahan apabila mahasiswa tersebut tetap mengganggu jalannya perkuliahan
  7. Dosen melaksanakan Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
  8. Dosen Penguji menjadi pengawas ujian. Bila memerlukan bantuan pengawasan, yang bersangkutan bisa meminta bantuan Program Studi atau Panitia yang dibentuk oleh Program Studi.

MAHASISWA

  1. Semua mahasiswa diwajibkan mengikuti kuliah minimum 80 persen dari seluruh jam tatap muka yang terjadwal pada semester yang bersangkutan.
  2. Mahasiswa yang berhalangan mengikuti perkuliahan karena alasan yang sangat penting harus menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada dosen mata kuliah yang bersangkutan selambat-lambatnya pada hari perkuliahan berikutnya, dan selanjutnya meminta surat izin tidak mengikuti perkuliahan kepada Ketua Program Studi.
  3. Mahasiswa diharuskan hadir di ruang perkuliahan sebelum kuliah dimulai.
  4. Mahasiswa yang datang terlambat sesudah perkuliahan dimulai wajib meminta izin kepada dosen pengajar sebelum masuk ke ruang perkuliahan.
  5. Mahasiswa yang datang lebih dari 15 menit sesudah perkuliahan dimulai tidak diperkenankan masuk ke ruang perkuliahan.
  6. Mahasiswa yang hadir dalam perkuliahan wajib mengisi daftar hadir perkuliahan. Daftar hadir perkuliahan tersebut dibuat rangkap dua, satu untuk dosen dan satu untuk Subbagian Pendidikan. Mahasiswa yang tidak mengisi daftar hadir dianggap tidak mengikuti perkuliahan pada jam perkuliahan yang bersangkutan.
  7. Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa diwajibkan berpakaian rapi dan bersepatu sesuai dengan norma-norma kesopanan, kepantasan, dan ketentuan yang berlaku.
  8. Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa dilarang melakukan aktivitas yang dapat mengganggu jalannya perkuliahan dan ketenangan mahasiswa lain.
  9. Mahasiswa yang karena keperluan yang sangat mendesak terpaksa meninggalkan tempat perkuliahan pada waktu perkuliahan berlangsung wajib meminta izin kepada dosen.

Ditetapkan : di Banjarmasin

Tanggal : 27 Januari 2009

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris,

Drs. Fatchul Mu’in, M.Hum

NIP 131 845 194

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: