BAB II KONSULTASI AKADEMIK

BAB II

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR
KONSULTASI AKADEMIK

1. Tujuan
Untuk manjamin kelancaran pelaksanaan konsultasi akademik, Mahasiswa Program S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unlam
2. Dasar Penetapan
a. Kalendar Akademik Unlam
b. Peraturan Akademik FKIP Unlam 2006

3. Tujuan Konsultasi Akademik
Membantu mahasiswa dalam memprogramkan mata kuliah yang diambil tiap semester dan membantu menyelesaikan permasalahan mahasiswa lainnya yang berhubungan dengan (perkuliahan) akademik.

4. Persyaratan
Mahasiswa yang bersangkutan tercatat sebagai mahasiswa aktif pada semester yang sedang berjalan, dibuktikan dengan kepmilikan Karta Tanda Mahasiswa (KTM).

5. Dosen Penasihat Akademik
a. Dosen Penasihat akademik yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi dan berlaku hingga masa studi mahasiswa tersebut selesai.
b. Dosen Panasihat Akademik hendaknya melayani kepenasihatan kepada mahasiswa dalam rentang watu yang dijadwalkan.
c. Dosen Penasihat hendaknya hendaknya tidak melayani konsultasi akademik di luar waktu yang telah ditentukan.
d. Dosen Penasihat melayani konsultasi yang berkenaan dengan masalah perkuliahan etiap saat atau sesuai dengan kesepakatan dosen PA dan mahasiswa.
e. Dosen memberikan kemudahan bagi mahasiswa di bawah bimbingannya mengenai tempat dan hari untuk konsultasi dalam rentang yang telah ditetapkan.
f. Dosen Penasehat Akademik (PA) hendaknya memantau perkembangan prestasi mahasiswa bimbingannya.
g. Bagi dosen Penasehat Akademik (PA) yang berhalangan membimbing mahasiswa pada saat (rentang waktu) konsultasi akademik, maka kepenasihatan ditangani oleh Ketua Program Studi.

6. Prosedur Pelaksanaan Konsultasi Akademik
a. Setiap mahasiswa dibimbing oleh 1 orang Dosen Penasihat akademik yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi dan berlaku hingga masa studi mahasiswa tersebut selesai.
b. Mahasiswa yang melakukan konsultasi akademik (memprogramkan mata kuliah) harus dalam rentang waktu yang telah dijadwalkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unlam.
c. Mahasiswa hendaknya tidak melakukan konsultasi pada hari terakhir masa konsultasi.
d. Tidak dibenarkan konsultasi akademik di luar waktu yang telah ditentukan.
e. Sedangkan konsultasi yang berkenaan dengan masalah perkuliahan dapat dilakukan setiap saat dengan membuat janji terlebih dahulu dengan dosen Penasehat Akademik (PA).
f. Konsultasi akademik dilaksanakan di ruangan konsultasi yang telah ditentukan. Mahasiswa menunjukkan berkas (KRS, KHS, transkrip sesuai kurikulum yang digunakan sejak semester 1) yang diperlukan dalam pelaksanaan konsultasi. Khusus mahasiswa baru harus menyerahkan biodata.
g. Mahasiswa yang telah melaksanakan konsultasi akademik, agar mendaftarkan diri sebagai pengikut mata kuliah pada daftar peserta kuliah (DPK) yang telah disediakan, sesuai waktu yang ditetapkan.
h. Dosen penasehat akademik hendaknya memantau perkembangan prestasi mahasiswa bimbingannya.
i. Setiap kegiatan konsultasi akademik harus tercatat pada kartu konsultasi yang telah disediakan.
j. Jika mahasiswa mengalami masalah dalam perkuliahannya, hendaknya dikonsultasikan dengan dosen penasehat akademik, selanjutnya ditindaklanjuti oleh pihak terkait (dosen pengasuh mata kuliah atau Ketua Program Studi). Jika permasalahan tersebut belum juga terselesaikan, maka hendaknya dibicarakan di tingkat jurusan.
k. Bagi mahasiswa yang tidak melaksanakan konsultasi hingga batas waktu yang ditetapkan telah berakhir, maka mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan cuti kuliah, dan diwajibkan mengurus cuti akademik.
l. Bagi mahasiswa yang tidak dapat melaksanakan konsultasi karena sakit atau berhalangan melakukan konsultasi, ia harus meminta rekomendasi kepada Ketua Program Studi dengan menunjukkan surat keterangan dokter/ pernyataan dari orang tua/wali.
m. Dosen penasehat akademik (PA) dapat melayani kepenasihatan kepada mahasiswa (dengan kasus pada l) setelah mahasiswa yang bersangkutan menunjukkan rekomendasi dari Ketua Program Studi.

Posted in POS. Tags: . Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: