Sertifikasi Guru

Sudah sekian banyak guru kita mendapatkan predikat guru profesional. Sejumlah di antara mereka telah mendapatkan tunjungan profesional, sebesar satu kali gaji pokok mereka. Dalam hal ini, mereka seharusnya berlaku profesional ketimbang sebelumnya.

Kegiatan-kegiatan akademis, pengembangan profesi dan pendukung-pendukung profesionalisme guru seharusnya semakin ditingkatkan. Bukan justru mereka tetap seperti “yang dulu”. Dulu kurang rajin, sekarang harusnya rajin; dulu rajin, sekarang harus lebih rajin. Ya, rajin dalam segala hal sebagaimana dituntutkan kepada seorang profesional. Bila mereka kerja hanya sekadarnya saja, profesionalisme yang diharapkan bisa jadi profesionalisme semu, yang pada gilirannya, tak bisa mengantarkan anak bangsa maju dan bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Komponen-komponen dalam portofolio seperti pendidikan dan pelatihan, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, prestasi akademik, pengembangan profesi, keikutsertaan dalam forum ilmiah, organisasi di bidang pendidikan dan sosial, bisa dijadikan pedoman untuk meningkatkan profesionalisme guru.

Pendidikan dan pelatihan hendaknya tetap diikuti tanpa mengorbankan kepentingan peserta didik.Sering kita dengar, bahwa sejumlah guru kita sering meninggalkan tugas utamanya untuk diklat. Peserta didik ditinggal begitu saja tanpa ada koordinasi dengan kawan-kawan guru mata pelajaran yang sama. Akibatnya, peserta didik terabaikan. Mereka tak mendapatkan pengajaran selama guru mereka mengikuti diklat. Diklat yang pelaksanaanya jauh dari sekolah, hendaknya tidak hanya diikuti yang orang yang sama. Digilir agar semua guru mata pelajaran yang sama menikmati “enaknya” diklat. Tidak hanya itu-itu saja yang berangkat diklat.

Kegiatan pembelajaran dilakukan atas perencanaan yang baik; kegiatan ini perlu didukung oleh pengetahuan yang memadai. Bila selama ini pengetahuan atau penguasaan terhadap materi ajar dirasa kurang, maka sudah selayaknya mulai sekarang diperbaiki atau ditingkatkan dengan banyak membaca buku-buku teks atau referensi pendukung lainnya. Hanya dengan car ini, pengetahuan dan penguasaan materi ajar bisa ditingkatkan. Mau profesional? Bila mau, guru harus banyak membaca dan kalau perlu menulis. Menulis apa saja. Syukur-syukur menulis buku ajar.

Prestasi akademik bisa dicapai dengan cara mengikuti lomba akademik. Biasanya lomba akademik ini didasarkan pada penulisan karya ilmiah. Nah, bila kemampuan menulis guru kurang atau bahkan tidak ada, akan sulitlah dia mendapatkan atau menggapai prestasi akademik. Kemampuan menulis ini akan mendukung guru untuk melakukan kepembimbingan terhadap teman sejawat: menjadi instruktur, tutor atau pemandu kegiatan akademik. Kemampuan menulis juga bisa mengantarkan guru untuk mengembangkan profesionalisme, dengan cara menulis buku, artikel, melakukan penelitian dan lain-lain.

Bila di masa lalu, para guru belum dapat tunjungan profesi, mungkin sedikit susah untuk mengembangkan diri. Boro-boro beli buku teks, koran atau majalah. Mungkin untuk memenuhi keperluan pokok saja, susah. Kini, bagi mereka yang sudah dapat tunjangan profesi, tentu tak ada alasan untuk tidak mampu mengeluarkan biaya guna mengembangkan diri. Namun, menurut informasi, atau semacam kabar burung, uang tunjangan profesi, justru untuk beli TV, kendaraan, atau untuk keperluan konsumtif lainnya. Waduh, bisa-bisa profesionalisme mereka, bisa luntur.

Semoga guru profesional kita, benar-benar bisa mempertahankan dan kalau perlu meningkatkan profesionalisme-nya. Semoga!

One Response to “Sertifikasi Guru”

  1. prodi bhs inggris Says:

    WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PROFESI GURU

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unlam Banjarmasin, 30 Mei 2009, menyelenggarakan LokaKarya Pengembangan Kurikulum PPG, dengan nara sumber tunggal, DR. Hj. Ernawulan Syaodih, M.Pd, dosen UPI Bandung.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: