BAB VI PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

BAB VI

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

1. Tujuan

Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Program S-1 pada Program Studi Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unlam

2. Dasar Penetapan

a. Peraturan Akademik FKIP Unlam tahun 2006

b. Panduan Praktek Pengalaman Lapangan PPL FKIP Unlam

c. Kurikulum Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unlam 2008

3. Pengertian PPL

Praktek Pengalaman Lapangan adalah salah satu kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup baik latihan mengajar rnaupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.

4. Tujuan PPL

a. Praktek Pengalaman Lapangan I (PPL I)

Agar mahasiswa memiliki wawasan tentang beberapa aspek . kelembagaan sekolah serta unsur-unsur penunjang pendidikan sebagai persiapan menghadapi tugas-tugas kependidikan di luar tugas mengajar bidang studinya.

b. Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL 11)

Agar mahasiswa calon pendidik memiliki kompetensi melaksanakan proses belajar mengajar bidang studi Bahasa Inggris dan tugas-tugas kependidikan lainnya di sekolah, serta mengatasi masalah-masalah nyata yang ditemukannya di lapangan sebagai persiapan untuk dapat melaksanakan tugas sebagai guru Bahasa Inggris.

5. Beban Kredit

Praktek Pengalaman Lapangan berbobot 6 sks yang terdiri dari dua penggalan yang integratif yaitu PPL I dengan bobot 2 sks dan PPL II dengan bobot 4 sks.

6. Pembimbingan

a. PPL I

Dalam pelaksanaan PPL I di sekolah latihan, setiap 1 – 15 mahasiswa dibimbing oleh 1 orang dosen, sedangkan pelaksanaan di perkuliahan setiap 1 – 10 mahasiswa dibimbing oleh 1 orang dosen.

b. PPL II

Dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan mahasiswa didampingi oleh satu orang Dosen Pembimbing dari tenaga akademik Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unlam dan satu orang atau lebih Guru Pamong dari sekolah Latihan

7. Persyaratan

Mahasiswa yang akan mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan harus memenuhi persyaratan tertentu :

(1). Syarat umum

a)      Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester yang bersangkutan.

b)      Telah melengkapi persyaratan adminstratif untuk mengambil mata kuliah PPL.

c)      Terdaftar di UPPL Unlam sebagai peserta.

d)      Memprogramkan mata kuliah PPL dalam KRS pada semester yang bersangkutan yang disahkan oleh Dosen Penasehat Akademik.

e)      Setiap mahasiswa yang akan memprogramkan PPL I dan PP

(2). Syarat khusus PPL I

  1. Telah memperoleh kredit minimal 90 sks
  2. Telah lulus, pernah atau sedang mengikuti mata kuliah Dasar Kependidikan dan mata kuliah PBM (Proses Belajar Mengajar) Bahasa Inggris.

(3). Syarat khusus PPL II

  1. Telah lulus PPL I minimal memperoleh nilai C.
  2. Jumlah sks yang diprogramkan dalam KRS pada semester tersebut maksimal 14 sks
  3. Memiliki sertifikat / piagam salah satu jenis kegiatan Ekstrakurikuler dan sejenisnya yang menunjang kegiatan pendidikan di sekolah.

8. Prosedur Pelaksanaan

(1). Praktek Pengalaman Lapangan I (PPL I)

  1. Mahasiswa yang mengambil mata kuliah PPL I harus mendaftarkan diri pada UPPL Unlam dan memprogramkannya dalam KRS pada semester yang bersangkutan.
  2. Mahasiswa dengan sepengetahuan Ketua Program Studi meminta kepada UPPL agar dibuatkan surat pengantar untuk kegiatan pengamatan ke sekolah..
  3. PPL membuatkan surat pengantar untuk disampaikan kepada Kepala Sekalah, tembusan surat pengantar disampaikan ke Fakultas. Surat Pengantar berisi tentang maksud dan tujuan kegiatan, hal-hal yang akan diamati, jumlah dan nama mahasiswa serta program studi.
  4. Mahasiswa membawa surat pengantar ke sekolah dan selanjutnya meminta Kepala Sekolah untuk menetapkan waktu dimana sekolah bisa menerima mahasiswa untuk kegiatan pengamatan tersebut.
  5. Bila sudah disepakati waktunya, mahasiswa turun ke sekolah dengan sepengetahuan Dosen Pembina Mata Kuliah PPL untuk melaksanakan observasi dan pengga!ian data di sekolah sebatas kesepakatan dengan pihak sekolah.
  6. Setelah kegiatan dilaksanakan, Koordinator Sekolah membuat surat pemyataan yang isinya menyatakan bahwa para mahasiswa sudah melaksanakan tugas pengamatan di sekolah tersebut.
  7. Mahasiwa membuat laporan tentang hasil kunjungan ke sekolah dan menyerahkan ke UPPL setelah mendapat persetujuan dari Dosen Pembina Mata kuliah PPL, sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh UPPL.
  8. Dosen Pembina mata kuliah memberikan penilaian terhadap laporan mahasiswa sebagai bagian dari nilai komponen tugas
  9. Di samping kegiatan observasi di sekolah, mahasiswa juga diharuskan mengikuti kegiatan tatap muka di kelas yang diasuh oleh dosen pembina matakuliah PPL.

(2). Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL Il)

  1. Mahasiswa mendaftarkan diri pada Program Studi (tim PPL) untuk selanjutnya diteruskan ke UPPL Unlam sebagai peserta PPL II dan memprogramkannya dalam KRS pada semester yang bersangkutan serta melengkapi segala persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh UPPL.
  2. UPPL menetapkan Sekolah Latihan dan Dosen Pembimbing PPL II untuk mahasiswa yang bersangkutan. Dosen Pembimbing PPL II ditetapkan oleh UPPL berdasarkan usulan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan tembusan ke Fakultas.
  3. PPL II diselenggarakan dalam blok waktu selama 2,5 sampai 3 bulan (13-14 minggu) dimana selama waktu tersebut, mahasiswa peserta PPL II berada di sekolah latihan setiap hari (magang) sesuai dengan jam sekolah. Bila diperlukan waktu tersebut dapat diperpanjang, misalnya karena mahasiswa ybs belum memperoleh nilai lulus, mahasiswa sakit, berhalangan dsb. atas kesepakatan Guru Pamong dan Dosen Pembimbing. Selama magang, mahasiswa harus mengikuti semua aturan yang berlaku di sekolah latihan baik mengenai pribadi, perilaku maupun disiplin lainnya.
  4. Pada minggu pertama dl Sekolah Latihan, mahasiswa bersama Guru Pamong membuat rencana kegiatan latihan untuk dilaksanakan selama PPL II. Selanjutnya mahasiswa menyusun Program Praktek Mengajar dengan berpedoman pada AMP, Program Semester yang bersangkutan.
  5. Bahan /Tugas praktek ditetapkan oleh Guru Pamong. Mahasiswa harus mengambil tugas ini paling lambat lima hari sebelum praktek dilaksanakan.
  6. Mahasiswa selanjutnya membuat Satuan Pelajaran/Rencana Pembelajaran untuk dilaksanakan setiap kali praktek mengajar.
  7. Draft Satuan Pelajaran / Rencana Pembelajaran harus dikonsultasikan lebih dahulu kepada Guru Pamong dan Satuan Pelajaran / Rencana Pembelajaran yang sudah siap harus ditandatangani oleh Guru Pamong sebelum dilaksanakan di kelas.
  8. Khusus untuk Satuan Pelajaran/Rencana Pembelajaran yang diujikan, draft harus dikonsultasikan lebih dahulu kepada Guru Pamong dan Dosen Pembimbing dan Satuan Pelajaran/Rencana Pembelajaran yang sudah siap harus ditandatangani oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing sebelum dilaksanakan di kelas.
  9. Mahasiswa melaksanakan Latihan Mengajar Terbimbing/ Mandiri sebanyak 12 (dua belas) kali termasuk dua/tiga kali ujian praktek.
  10. Melaksanakan tugas Mengerjakan Administrasi Sekolah/Administrasi guru Bidang Studi.
  11. Melaksanakan Tugas MembimbingKesulitan Belajar Siswa sedikitnya 3 (tiga) orang siswa yang mendapat kesulitan belajar bidang studi yang bersangkutan.
  12. Pelaksanakan Tugas Mengikuti Kegiatan Kokurikuler/Ekstra Kurikuler sedikitnya 3(tiga) kegiatan yang dilaksanakan di sekolah latihan.
  13. Bagi mahasiswa yang selama PPL II masih harus mengikuti kuliah di kampus, mahasiswa yang bersangkutan dapat meminta ijin kepada Kepala Sekolah/Koordinator untuk mengikuti kuliah dengan terlebih dahulu menyampaikan fotokopi KRS yang disahkan oleh Dosen Penasehat Akademik. Mahasiswa meninggalkan sekolah hanya pada jam kuliah, sesudahnya kembali lagi ke sekolah latihan.
  14. Mahasiswa yang karena sesuatu hal tidak dapat hadir ke sekolah latihan harus memberi kabar disertai dokumen pendukung yang sah.
  15. Setiap mahasiswa harus mengisi absen di sekolah latihan dan mengisi jurnal Kegiatan Harian untuk dilampirkan dalam laporan.
  16. Membuat dan menyampaikan Laporan Pelaksanaan PPL II yang disahkan oleh Dosen Pembimbing dan Kepala Sekolah sebanyak 4(empat) rangkap, masing-masing disampaikan kepada Dosen Pembimbing, Guru Pamong, UPPL Unlam dan Mahasiswa ybs. Format laporan sesuai dengan ketentuan UPPL Unlam.

9. Evaluasi

(1)   Praktek Pengalaman Lapangan 1 (PPL I) Rumus Nilai Akhir PPL 1 adalah :

  1. NA =( 3KK+2LO)/5
  2. Keterangan:
  3. NA = Nilai Akhir PPL I
  4. KK = Kegiatan di kelas (kehadiran > 80%)
  5. LO = Laporan Observasi

(2) Praktek Pengalaman Lapangan II (PPL II)

Nilai akhir ditetapkan dengan ketentuan rumus sebagai berikut:

a. Nilai Latihan Mengajar

NM / NO =(2G1 + 3G2 + 1G3) / 6

Keterangan:

Nm = Nilai Latihan Mengajar Terbimbing/Mandiri

Nu = Nilai Ujian Praktek Mengajar

G1 = Skor APKG 1 (Rencana Pembelajaran) G2 = Skor APKG 2 (Prosedur Pembelajaran) G3 = Skor APKG 3 (Hubungan Antar Pribadi)

b. Nilai Mengerjakan Tugas Keguruan Non-Mengajar

Nt = (2Na + 3Nb + 1Nk) / 6

Keterangan:

Nt = Nilai tugas keguruan non-mengajar

Na = Nilai tugas melaksanakan administrasi sekolah/kelas

Nb = Nilai tugas melaksanakan bimbingan

Nk = Nilai tugas melaksanakan KoKurikuler /Ekstrakurikuler

c. Nilai Laporan

Nilai laporan PPL II diperoleh dengan memberi bobot pada laporan yang disampaikan mahasiswa sesuai dengan kelengkapan isi laporan dan kualitas laporan.

d. Nilai Akhir

NA = (3(Nm + Nu) + Nt + NI) / 5

Keterangan:

NA = Nilai Akhir PPL II

Nm = Rata-rata Nilai Latihan Mengajar

Nu = Rata-rata Nilai ujian Praktek Mengajar

Nt = Nilai melaksanakan Keguruan Non-Mengajar

NI = Nilai Laporan (1Na+2Ndb+2Nk)/ 5

e. Penyerahan nilai

Penyerahan nilai-nilai oleh dosen pembimbing dan guru pamong langsung ke UPPL Unlam

2 Responses to “BAB VI PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN”

  1. Eco Says:

    thank you very much for your information, it is very useful for me and my department.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: